Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Kehilangan Kualitas Menggunakan Handbrake

Salah satu kendala untuk para pemain yutuber adalah mengupload video berukuran besar pada saat koneksi sangat lelet sekali.. . Disini Tuan Kluet memberikan salah satu solusi yang sangat tetap untuk anda semua yaitu Salah satu alat yang paling populer yang secara signifikan dapat mengecilkan ukuran file video tanpa kehilangan kualitas Video tersebut . Kenapa saya katakan populer ?? alasanya nya adalah, Software ini dapat mengkonversi video dari hampir semua format , misalnya . wmv – Windows Media Video File avi – . . . Audio Video Interleave File m4v , mov , dll. dan software ini bisa anda dapatkan secara gratis dan Open Source.

Tutorial ini menggambarkan bagaimana untuk kompres file video untuk web pada mesin Windows . Contoh file yang saya digunakan untuk kompres disebut WL – Video.wmv dan ukuran aslinya adalah 39,0 MB . Setelah kompresi ukuran file turun sampai 4,40 MB . Format video yang terkompresi adalah MP4 karena merupakan format video yang paling didukung di web . Tergantung pada file video asli Anda , mengikuti petunjuk dalam tutorial , ukuran file masih dapat dikurangi jika file video Anda sudah format MP4 .Download terlebih dahulu dan instal Handbrake jika Anda tidak memilikinya.

Download & Install Handbrake 

  • Silahkan anda langsung Ambil Handbrake di http://www.handbrake.fr
  • Klik file yang didownload untuk menginstal Handbrake dengan mengikuti petunjuknya.

Kompres Video

  • Buka software Handbrake yang telah anda install. Silahkan lihat pada gambar di bawah ini

 

  • Klik Browser > Open File untuk memilih video yang ingin Anda kompres . Dalam tutorial ini, saya pilih WL_Video.wmv dan kemudian klik . Anda dapat melihat ukuran aslinya adalah 39MB .

  • Dalam Handbrake , di bawah Tujuan Anda dapat memutuskan mana file terkompresi disimpan dengan mengklik Browse. Secara default , sudah disimpan dalam folder yang sama di mana file asli . Anda dapat mengubah ke lokasi lain jika diperlukan . Anda diminta untuk memberikan nama untuk file terkompresi .

  • Untuk  Pengaturan Output , pilih Mp4 jika tidak dipilih dan pilih Web yang dioptimalkan .

  • Klik Video dan pastikan bahwa H.264 ( X264 ) dipilih .

  • Klik Start untuk kompres video . Tombol Start hijau akan menjadi tombol Stop merah sampai kompresi selesai . Ketika kembali ke hijau. Anda siap untuk melihat video terkompresi . File video asli berkurang dari 39.0MB ke 4.40MB . Proses mengompresi file kecil ini mengambil sekitar 20 detik . Jika file yang sangat besar, dapat memakan waktu lebih lama untuk kompres .

Tutorial ini bertujuan untuk memperkenalkan fitur dasar di Handbrake .

Handbrake memiliki lebih banyak fitur yang memungkinkan Anda untuk mengubah tingkat kompresi ( misalnya pengaturan bit rate rata-rata ( kbps ) . Selain itu, Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan video untuk berbagai perangkat termasuk ipod , TV atau tablet Android . Jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang video dan fitur-fitur canggih di Handbrake , di sini adalah panduan lengkap Handbrake : https://trac.handbrake.fr/wiki/HandBrakeGuide . Selamat mencoba semoga berfamaat :)

5 Comments on Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Kehilangan Kualitas Menggunakan Handbrake

  1. Keren Cuy

  2. terima kasih banyak mas, saya lagi nyari tutorial ini, video saya ukurannya 159 MB, klo masukin Youtube kelamaan.

  3. sangat berguna bagi yang ingin upload video youtube

  4. saya sudah coba dan hasilnya mantap. makasih ya infonya.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



You might also likeclose
%d bloggers like this: